Translate

Saturday, June 28, 2014

Malaysia Recipe - nasi lemak recipe rice cooker

Malaysia Recipe - nasi lemak recipe rice cooker
Malaysia Recipe - nasi lemak recipe rice cooker


Mengintip resep masakan negeri sebrang, yang sebenarnya warga indonesia masih banyak yang menjadi duta tenaga kerja disana. Setiap orang yang pernah kerja atau melancong ke negeri malaysia pasti sudah mengetahui tentang masakan khas Malaysia yaitu Nasi Lemak.

Kali ini tidak akan menceritakan tentang negeri seberang, namun akan sedikit mengintip tentang resep nasi lemak yang di buat dengan sederhana menggunakan rice cooker (nasi lemak recipe rice cooker), mari kita lihat prosesnya satu persatu, amati dan catat bahan apa saja yang nanti dibutuhkan dalam pembuatanya.

Pertama:
Gunakan beras yang berkwalitas bagus, putih dan halus dan dimasak dengan tepat, dimasak dengan sedikit air sehingga terlihat kesat dan terlihat butiran-butiran berasnya. Dalam memasak ditambahkan santan, daun pandan, dan garam secukupnya. Jika anda tidak menambahkan garam, rasa nasi akan terasa biasa, kurang gurih walaupun berapa banyak santan yang anda tambahkan.

Jika anda menggunakan rice cooker apakah akan menghasilkan nasi lemak yang enak? tentu jawabanya "benar" walaupun dengan cara tradisional akan lebih sempurna (menggunakan dandang), namun akan menyita banyak waktu anda.

Malaysia Recipe - nasi lemak recipe rice cooker

Jika anda langsung menambahkan santan ke rice cooker, maka hasilnya nasi lemak tidak akan enak, karena kandungan lemak yang tinggi pada santan. Caranya masak beras yang pertama menggunakan perbandingan 1:1 yaitu secangkir air santan untuk digunakan secangkir beras, sebelumnya santan harus diencerkan terlebih dahulu.

Kemudian bila nasi sudah matang dan indikator rice cooker menjadi warm/hangat masukan santan kental ke dalam rice cooker aduk sampai rata namun tetap dipanaskan dalam rice cooker. Masak terus sampai nasi menyerap semua santan kelapa, ini adalah cara yang digunakan untuk menjadikan nasi lemak lebih enak (how to make delicious nasi lemak).

Kedua:
Pada praktiknya bisa menggunakan santan kaleng atau santan asli dari perasan buah kelapa, sepuluh cangkir beras yang bagus dicampur dengan dua gelas santan dan delapan gelas air. Kemudian bisa ditambahkan tiga sendok teh garam halus dan beberapa daun pandan yang di ikat.

Masak sampai rice cooker beralih ke hangat, ambil nasi dan tambahkan cream santan (santan kental) dan daun pandan kemudian kukus selama sepuluh menit. Seperti yang disebutkan tadi anda juga bisa menyelesaikan bagian creaming itu tadi dalam rice cooker, dikukus juga bisa.

Jika anda menggunakan kara santan kental gunakan seperempat dahulu dicampur air untuk memasak nasi dan menambah sisanya untuk bagian creaming. Perlu di ingat lagi untuk tidak melampaui rasio perbandingan 1:1 saat memasak nasi atau menambahkan air terlalu banyak atau nasi akan terlalu lembut dan lengket.

Membuat Sambal
Bahan-bahan yang digunakan membuat sambal yaitu ikan teri, bawang merah, gula merah, terasi udang dan cabe kering yang sudah direndam dalam air panas. Pertama membuat sambal nasi lemak dengan menggoreng ikan asin dengan minyak yang cukup panas sampai matang dan garing.

Kecilkan api, menggunakan minyak yang sama sangrai bawang merah dan terasi yang sudah dihaluskan, didihkan sekitar 10 menit. Tambahkan cabe kering yang dihaluskan, didihkan selama 5 menit, kemudian tambahkan tambahkan irisan bawang merah besar, didihkan selama 10 menit.

Kemudian tambahkan gula merah secukupnya, masukan kembali teri yang sudah digoreng aduk-aduk. Tambahkan garam halus sesuai selera anda. Sambal yang baik adalah mempunyai kandungan minyak yang cukup, pada waktu anda didihkan pastikan gelembung minyak sudah cukup berkurang pada permukaan.

Malaysia Recipe - nasi lemak recipe rice cooker

Ayam Goreng
Bisa menggunakan ayam sayur dua potong, kemudian dipotong-potong menjadi ukuran sedang. Bumbunya menggunakan rempah rempah seperti 3 sdt jinten dan ketumbar bubuk, 1 sdt bubuk kunyit dan tambahkan 2 sdt bubuk cabai bila merasa suka dengan rasa pedas.

Cara membuatnya: panaskan satu kaleng santan dalam panci kecil dan tambakan rempah-rempah seperti 2 sendok makan gula pasir, 3 sendok makan garam dan setengah gelas air, cicipi tambahkan garam bila suka sedikit asin.

Matikan api, ketika pasta sudah cukup dingin masukan potongan ayam dan sisihkan selam kurang lebih 4 jam. Untuk menggorengnya panaskan minyak sayur dalam wajan, kadang juga bisa ditambahkan tepung jagung untuk mendapatkan rasa crispy yang lebih, namun kali ini tidak. Untuk menggoreng bagian dada ayam dibutuhkan waktu sekitar 7-8 menit dan pada bagian paha ayam sekitar 8-9 menit. Pada satu waktu penggorengan disarankan hanya memasukan sekitar 6 potong daging ayam.


Malaysia Recipe - nasi lemak recipe rice cooker

Goreng Udang Assam
Bisa menggunaka udang windu yang cukup besar, yang bisa di beli di market terdekat, dan pasta asam untuk. Pertama campur pasta asam ke dalam air panas dan tambahkan garam, gula secukupnya. Rendam udang yang sudah bersih ke dalam pasta asam selama kurang lebih satu jam, kemudian panggang sampai kematangan terbaik.

Malaysia Recipe - nasi lemak recipe rice cooker


Telur rebus
Untuk kematangan yang sempurna akan ada garis sulfat hijau tua dan keras. Masukan telur dalam panci dan panaskan sampai mendidih, angkat dari api dan tutup panci selama 20 menit. Jika berhasil kuning telur akan terlihat cerah dan segar, kuning telur akan tinggal ditengah meskipun setelah dimasak.

Malaysia Recipe - nasi lemak recipe rice cooker

Nasi Lemak, wherever you may behere you go. With some care and effort, there is no reason why you cannot cook some good .

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes